Filosofi Jodoh

Malam itu, saya chat dengan Daya dan Delly berbincang-bincang masalah jodoh. Bermula dari Daya yang kebelet nikah dan sibuk mencari-cari framework proposal nikah mengenai kriteria pasangan. Daya ingin sekali membuat proposal nikah yang komprehensif. Namun dia stuck di bagian kriteria pasangan, seperti apa baiknya dia memetakan kriteria pasangan? Perlukah? Apakah kecocokan itu kita yang mengatur atau terjadi secara natural?

Daya yang kebingungan kemudian bertanya pada Delly. Saat itu, Delly baru saja menonton pengajian Cak Nun di Taman Ismail Marzuki yang membahas mengenai ‘esensi’. Seperti biasa, Delly adalah orang yang ‘agak norak’. Sehabis excited dengan suatu hal, dia pasti mengulang dan membahas berkali-kali hal tersebut. Sebagai contoh, setelah membaca buku Quiet, dia berkali-kali post di Path, memberi nasihat, dan berargumen menggunakan pendeketan extrovert-introvert. Begitu juga ketika Delly habis ikut pengajian Cak Nun.

“Inget ga sih Day waktu Cak Nun tentang jasmani-rohani, tentang manusia yang terjebak dalam pandangan matrealistis? Nah itu juga masuk tentang jodoh-jodoh gitu. Kita tuh terjebak dengan jodoh yang materialis, yang jasmani, yang nampak, yang si-A, si-B, si-C.”

Kemudian saya berpikir. Selama ini, saya memandang jodoh yang ada di tangan Tuhan, yang suka didoa-doakan itu sebagai suatu sosok fisik. Apakah aku jodoh dengan X? Bagaimana nanti jadinya kalau ternyata aku jodoh dengan Y?

Sebenarnya filosofi jodoh itu rahasia Tuhan. Saya dan kamu tidak tahu persis bagaimana algoritmaNya mencocok-cocokkan ciptaannya. Yang pasti, di dunia ini semua berjodoh-jodoh. Terik dan terangnya Siang berjodoh dengan tenang dan syahdunya Malam. Ikhlasnya rasa syukur berjodoh dengan indahnya laba dari Tuhan. Jodoh yang baik dengan yang baik – yang tidak baik dengan yang tidak baik. Yang diukur dalam jodoh-jodohan bukan dari fisik dan jasmaninya. Bukan masalah apakah saya dan X itu jodoh. Namun lebih dalam lagi, mengenai ruh dan kebaikan dari masing-masing.

Jodoh bicara apakah kebaikan saya cocok dengan kebaikan yang ada di Y. Kebaikan dalam konteks ini juga tidak terbatas pada baik menurut pandangan manusia. Kebaikan itu bukan hanya dari sudut pandang input, tapi bisa jadi sebuah konsekuensi atau output dari proses perjodohan. Artinya, walaupun di pandangan manusia si J dan si K punya derajat kebaikan yang sangat jauh berbeda, bisa jadi mereka malah berjodoh. Bukan karena itu sebuah anomali, namun karena perjodohan antara kebaikan si J dan si K menghasilkan kebaikan yang lebih banyak lagi, bagi J, K, dan seisi bumi.

Kebaikan pun merupakan sesuatu yang relatif terhadap waktu. Hari ini saya bisa sangat beriman, besok saya bisa jatuh, dinamis. Begitu juga dengan jodoh, seperti segala hal yang ada di dunia ini, dia relatif terhadap waktu.  Aku dan dia bisa memulai bisnis bersama dan bersemangat mempunyai visi membesarkan usaha sebesar-besarnya. Namun di tengah jalan, kami bisa pecah kongsi, karena kebaikan kami sudah tidak jodoh lagi. 

Kenapa Mas A dan Mbak B yang sudah menikah 10 tahun lalu sekarang malah cerai? Kenapa si P dan si Q yang sudah pacaran bertahun-tahun malah tidak jadi nikah? Bisa jadi karena memang kebaikannya sudah tidak jodoh lagi. Kenapa Mas C dan Mbak D yang belum pernah bertemu dan bertatap muka bisa menikah dan bisa langgeng sampai punya cucu? Karena kebaikan mereka saling komplemen dan istiqomah. Kenapa Aisyiah yang menjadi pemimpin para perempuan di surga bisa menikah dengan Firaun yang lalim? Karena perjodohan mereka menghasilkan kebaikan dan hikmah yang luar biasa.

PS: Terimakasih Daya dan Delly, sekarang kalau bicara jodoh jadi lebih ringan dan ikhlas 🙂

Advertisements

One thought on “Filosofi Jodoh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s