Apa yang Sudah Kamu Lakukan Hari Ini?

Halo.

Beberapa hari ini saya di Surabaya, pulang ke rumah. Walaupun sekarang sedang masa ujian, namun saya masih bisa santai-santai, bahkan sampai ke Surabaya. Gimana lagi, UAS saya cuma ada dua, dan itu pun pada minggu terakhir. Kalau dibandingkan teman lain, terutama jurusan sebelah yang tugasnya banyak, saya hampir tidak ada tugas sama sekali. Jadi secara akademis, alhamdulillah tidak ada beban yang berat-berat.

Bukan hanya akademis, tentang organisasi dan beberapa kegiatan lain pun saya juga sedang tidak terlalu hectic. Mungkin karena sedang pekan UAS makanya kegiatan organisasi pun akhirnya ikut vakum sebentar. Masa-masa ini lumayan jarang bisa saya nikmati selama jadi mahasiswa.

waktu luang.

Selama kuliah, (terutama semester lalu), hal ini jadi cukup langka untuk ditemui. Biasanya pun ketemu waktu luang setelah masa hectic yang sangat padat, sehingga waktu luang benar-benar digunakan untuk istirahat. Namun saat ini, waktu luang itu hadir dengan sangat ramah mendominasi kehidupan saya. Dan ternyata, tidak semudah itu untuk menikmati waktu luang, untuk berbahagia di waktu luang.

Dulu, ketika masa-masa Intip masih belum menemukan jati dirinya, saya dan Ari pernah berdiskusi mengenai waktu luang. Saat itu kami menemukan quote dari Paulo Coelho dari bukunya, The Pilgrimage:

“Gejala awal kita berada dalam proses membunuh impian adalah keterbatasan waktu,” lanjut Petrus. “Orang-orang tersibuk yang pernah aku kenal dalam hidupku selalu memiliki cukup waktu untuk semua hal. Mereka yang tak pernah melakukan apa pun selalu merasa letih dan tak memerhatikan pekerjaan mereka yang berbeban sedikit. Mereka sering mengeluh hari terlampau singkat. Sebenarnya, mereka hanya takut berjuang sekuat tenaga.”

Saya juga baru membaca buku judulnya The Geography of Bliss. Buku ini tentang perjalanan seseorang yang berkeliling dunia untuk mengamati kebahagiaan manusia di setiap negara. Di sana diceritakan kalau ada penelitian menyebutkan bahwa orang yang sibuk lebih bahagia daripada orang yang menganggur. Dan itu benar saya alami.

Selama di Surabaya ini, ketika saya menjawab pertanyaan di judul dengan bermain Plant vs Zombies di tablet, saya merasa tidak bahagia. Tidak sampai satu jam kemudian saya keluar dari game itu (mungkin karena saya adalah orang yang tidak suka main games). Begitu juga ketika saya tidur-tiduran di kasur saja. Rasanya tidak berarti, tapi malas untuk beranjak.

Kemudian saya mencoba menjawab pertanyaan tersebut dengan melakukan hal-hal kecil yang belum saya lakukan langsung secara fokus, seperti mengurus fanpage-nya Crable, membuat newsletter untuk Crable, mengurus Tumblr, Fanpage, dan Twitter-nya Intip, membaca buku, menonton video Coca-cola di Youtube, dan lain-lain yang sangat jarang saya kerjakan di Depok. Begitu juga ketika saya tengah malam belajar BI, walaupun saya jadi tidur jam 2 pagi, saya lebih bisa menutup (atau membuka?) hari dengan lebih senang.

Dan alhamdulillah saya tidak merasa hidup sia-sia.

Ternyata ada banyaaaaak hal yang bisa dilakukan selama hidup. Karena memang banyak sekali hal yang bisa disyukuri. Semangat mensyukuri waktu dan hidup, guys! \:D/

Apa yang sudah kamu lakukan hari ini untuk mencapai mimpimu?

Dari Ibnu Abbas, dia berkata: Nabi bersabda: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya, (yaitu) kesehatan dan waktu luang”. [HR Bukhari, no. 5933].

Advertisements

One thought on “Apa yang Sudah Kamu Lakukan Hari Ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s