Membaca Pertanda

Pertanda . Ada yang pernah baca suatu pertanda dari alam? Seperti Newton yang melihat apel jatuh dan langsung bisa menghubungkan dengan teori gravitasi (di luar isu yang bilang bahwa berita itu palsu, ya). Katanya, di zaman sekarang, orang yang sukses itu yang berhasil membaca pertanda di sekitarnya.

Membaca pertanda berarti bisa merasakan dan memahami hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Biasanya, hati manusia bisa menjadi radar untuk membaca pertanda, apa yang seharusnya kita lakukan. Misal, ketika melewati seorang bapak tua berjualan tisu, kadang ada suara hati yang meminta untuk membantu bapak itu dengan membeli tisunya. Namun, seringkali kita sendiri yang mengabaikan suara hati itu. Hiks.

Anyway, tadi saya baru saja mengikuti kegiatan dari kampus yang diisi oleh Bu Kasiyah. Beliau berkata bahwa, yang namanya proses belajar itu berarti proses menghubungkan ilmu-ilmu yang sudah didapat. Semakin banyak seseorang belajar maka semakin banyak hubungan antar pengetahuan yang dia dapatkan. Sehingga, semakin sering orang belajar, semakin cepat dia bereaksi dan menganalisis kehidupan ini. Mungkin, dia juga semakin peka dan pandai membaca pertanda yang ditunjukkan olehNya.

Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu, dan bintang-bintang dikendalikan dengan perinta-Nya. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mengerti, dan Dia juga mengendaikan apa yang Dia ciptakan untukmu di bumi ini dengan berbagai jenis dan macam warnanya. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang mengambil pelajaran. (QS 16:12-13)

Semoga dengan terus belajar dan menyimak apa kata hati, kita semua bisa membaca tanda kebesaran-Nya 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s