Tergantung Kita di Sini

Sore itu di sini ada yang bercerita tentang suatu hari. Katanya, setelah nanti kita tidak dapat merasakan dunia ini lagi, kita akan mampir ke suatu alam. Dengar-dengar lamanya lebih dari 70.000 tahun bumi. Di sana mungkin kita disiksa, atau diberi nikmat. Dalam suatu lubang tanah. Tergantung apa yang kita beri pada dunia.

Katanya lagi, setelah dari alam itu, kita akan dikumpulkan dalam suatu dimensi. Bersama seluruh manusia yang pernah ada. Dengar-dengar lamanya adalah 70.000×70.000 tahun bumi. Di sana akan ada matahari, yang sangat dekat hanya sejengkal. Di sana kita akan merasakan panas super, atau akan diberi perlindungan bagi beruntung. Tergantung apa yang kita perbuat di dunia. Di sana juga akan ada mega show, yang menampilkan rekaman kehidupan di dunia, setiap manusianya. Setiap detik kehidupan kita akan jadi tontonan seluruh makhluk, termasuk jelek-jeleknya. Kecuali dia yang menutupi jeleknya orang lain di dunia.

Setelah film diputar, akan ada penjurian. Ada tubuh kita yang menjadi saksi yang tidak mempan disuap. Ada orang-orang lain juga yang terlibat dan menjadi saksinya. Ada malaikat-malaikat yang menjadi hakim pembantu yang tidak bisa diancam. Dan ada suatu dzat, yang menjadi hakim penentu. Yang menentukan kelayakan kehidupan dunia kita. Tergantung cerita kita di dunia.

Katanya lagi, kemudian kita akan menyeberangi suatu jembatan. Hasil keputusan penjurian tadi akan jadi penentuan penyeberangan kita. Apakah akan berhasil menyeberangi jembatan itu. Di sana akan mendapat kenikmatan luar biasa, seperti yang sering dijanjikan di kitab suci. Atau apakah kita akan jatuh ke dalam suatu alam yang maha panas dan menyiksa. Ada yang jalannya sangat lambat. Ada yang diberi kendaraan untuk menyeberanginya. Tergantung apa yang kita miliki di dunia.

Perjalanannya panjang. Berjuta-juta tahun bumi. Namun penentuannya hanya sebentar. Tergantung bagaimana kita di sini.

Tidakkah mereka itu mengira, bahwa sesungguhnya mereka akan dibangkitkan, pada suatu hari yang besar, pada hari semua orang bangkit menghadap Tuhan seluruh alam (QS 83:4-6)

Advertisements

One thought on “Tergantung Kita di Sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s