#2 Untuk Hana-yang-berumur-kurang-lebih-30-tahun

Dear Hana-yang-berumur-kurang-lebih-30-tahun,

apa kabar? Sudah makan? Hmm rasanya aneh bertanya kabar kepada sesuatu yang belum tentu ada. Oya, aku penasaran sekali, sekarang kamu jadi apa? Sudah berapa anaknya? Apa pekerjaanmu sehari-hari? Nanti jangan lupa tulis kabar ya 😀

Anyway, ada beberapa alasan mengapa aku sangat penasaran dengan nasibmu saat ini (terlepas dari ketidakpastian apakah kamu ada atau tidak). Salah satunya adalah, ketidakpastian diriku saat ini juga. Biasalah, umur segini sedang masa-masanya bingung menentukan arah. Kuliah tinggal setahun, masih belum jelas mau susun skripsi tentang apa. Sebenarnya ada banyak juga teman-temanku yang sangat hebat dalam menetapkan hati dan masa depan mereka. Dan aku sangat salut dengan mereka.

Padahal, kalau kamu coba ingat-ingat tentang Hana-yang-baru-menginjak-dewasa-di-sekitar-umur-17-tahun, dia jauh lebih hebat dari saat ini. Entah orang mau bicara dan tidak yakin, dia tetap ingin merantau dan kuliah di UI. Atau Hana-yang-berada-di-kelas-3-SMP yang berhasil keluar dari masa-masa kelamnya dan fokus untuk menempuh SMA negeri di Surabaya. Kedua Hana tersebut benar-benar menjadi bookmark yang baik bagi Hana 20 tahun ini.

Di sebuah pagi di hari Minggu ini, aku masih bingung harus kemana. Tentang arah tujuan, fokus, dan bayanganku tentangmu. Awalnya, banyak hal yang menjadi ide mengapa aku bingung. Mungkin kemampuan dan pengetahuanku yang masih minim, kurang percaya diri, tidak berada dalam lingkungan yang tepat, dan lain-lain.

Namun, pagi ini, sepertinya aku tahu alasannya. Aku hanya kurang bersungguh-sungguh. Belum memaksimalkan segala usaha yang bisa dikeliarkan. Masih terlalu malas untuk bergerak. Masih terlalu nyaman menolerir diri sendiri. Aku hanya kurang bersyukur.

Sepertinya, tugas seorang Hana (di umur berapapun itu) adalah bersungguh-sungguh. Sisanya adalah pemberianNya yang terbaik.

And those who strive for us – We will surely guide them to Our ways. And indeed, Allah is with the doers of good. QS 29:69

Semoga kamu bisa bahagia dan bermanfaat ya, di manapun itu, apapun kamu jadinya.

Tanpa lilin,

Hana-yang-berumur-kurang-lebih-20-tahun

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s