Jubah Raja dan Gajah Terbang

Pada suatu hari ada seorang raja yang memesan jubah kepada dua orang rakyatnya. Dua orang rakyat tersebut menipu sang raja dengan berkata bahwa jubah yang mereka buat itu istimewa dan hanya orang yang bijaksana yang dapat melihatnya. Tidak ingin dianggap bodoh, maka Sang Raja berpura-pura melihat baju tersebut dan memakainya. Ajudan, prajurit, dan rakyatnya juga mengalami “kebodohan” yang sama. Tidak mau dianggap bodoh dan bijaksana, mereka dengan pura-pura mengatakan bahwa pakaian Sang Raja sangat bagus, walaupun sebenarnya Sang Raja tidak memakai apa-apa.

Ada juga cerita tentang gajah terbang. Ada seseorang yang berkata, “Hey lihat! Ada gajah terbang di langit!” Seorang lagi berkata, “Mana? Aku tidak melihatnya.” “Apa kamu buta? Itu ada gajah terbang hanya yang matanya sehat saja yang dapat melihatnya.”

***

Ternyata cerita jubah raja dari Hans Christian Andersen dan dongeng gajah terbang terjadi juga sekarang. Apalagi banyak media masiv yang menjadi trigger munculnya isu jubah raja dan gajah terbang. “Hey tidakkah kau lihat mereka yang suka korupsi itu? Mereka tidak pantas menjabat!” Kata salah satu media yang rajin melawan gerakan sebuah partai. “Lihatlah bom di mana-mana, Islam memang benar teroris. Wajar kami melawannya” seperti yang dikatakan media di negara Amerika. “Ayo beli kartu kredit kami, Anda tidak akan rugi, banyak kemudahan yang kami tawarkan.” Ujar beberapa pihak kartu kredit dengan menyembunyikan banyaknya korban hutang dari mereka. Opini-opini yang dibentuk dengan paksa dan doktrin kamu-bodoh-kalau-tidak-tahu-tentang-ini membuat kebenaran dan kesalahan semakin sulit dibedakan.

Disadari atau tidak, di langit kita menengadah sekarang, sudah banyak ilusi gajah terbang yang dipercayai oleh sebagian orang. Sampai-sampai kita bingung, mana gajah yang benar-benar terbang, mana yang hanya ilusi. Apakah raja sekarang sedang memakai baju atau telanjang?

Memang, petunjuk tentang benar salah hanya ada pada kitab dari Tuhan itu. Kalau mendengar apa kata orang lain, kita tidak tahu apakah orang tersebut adalah fans berat gajah terbang atau bukan. Semoga kita bisa semakin dekat dengan-Nya dan ditunjukkan ke jalan yang lurus.

Advertisements

One thought on “Jubah Raja dan Gajah Terbang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s