Golongan Darah A

Dulu, entah SMP atau SMA, ketika mengetahui karakteristik anak golongan darah A, aku merasa outlier. Aku merasa unik dan aneh, karena sebagai golongan darah A, aku bukan orang yang teratur dan terencana. Aku termasuk orang yang suka mencoba hal baru, suka aneh-aneh, dan tidak terlihat seperti orang rajin. Aku tidak merasa terikat sama sekali dengan jenis golongan darah yang dimiliki oleh 40% masyarakat Jepang itu.

Pada awal tahun 2013 di kampus ini, Suci memberi tahu tentang info karakter manusia berdasarkan golongan darah lewat situs: simplebloods.tumblr.com. Isinya menarik dan bikin kecanduan untuk “read more”. Hasilnya, aku khatam membaca blog itu, dan otomatis belajar tentang karakteristik orang berdasarkan golongan darah.

Entah berpengaruh atau tidak, aku jadi semakin menyadari bahwa aku adalah manusia bergolongan darah A, tulen. Yang dulu aku kira aku orang yang tidak teratur, ternyata sekarang aku semakin suka mengatur kehidupanku. Beberapa kali sebelum pergi tidur, aku menulis apa saja yang akan aku lakukan besok pagi, bahkan untuk hal kecil seperti mencuci piring, menjemur baju, dan membeli koran. Setiap disuruh mengatur acara, pasti aku terlalu sistematis dan detail dalam membuat perencanaan. Dalam sebuah pembicaraan, aku tidak kuat apabila arahnya loncat-loncat. Aku orang yang kesal dengan perubahan mendadak dan tidak terencana, bahkan pernah menjadi sangat sedih ketika ada agenda yang dibatalkan karena seorang teman yang terlalu telat. Ternyata aku suka membuat kotak untuk kehidupanku, ternyata aku suka membuat rencana, ternyata aku memperhatikan detail, ternyata aku tidak suka perubahan tiba-tiba, ternyata aku….bergolongan darah A, tulen.

Kemudian, sekarang aku bekerja dengan orang-orang dengan berbagai kepribadian, berbagai golongan darah. Di antara mereka, mungkin saja ada yang bergolongan darah B yang bebas dan tidak suka dikekang. Ada juga golongan darah O yang suka membuat political bound yang kuat atau AB yang unik dan cuek. Pokoknya, aku hidup di antara mereka. Bahwa aku, perempuan dengan golongan darah A, mungkin terlalu mengatur setiap perencaan, terlalu strict dan sewot kalau ada yang tidak tepat sesuai kesepakatan, terlalu kaku menghadapi perubahan yang terjadi di lingkunganku.

Hmm, entah bijak atau tidak apabila aku membawa-bawa golongan darah sebagai tameng terhadap karakterku. Intinya, aku mewakili orang-orang dengan golongan darah A, minta maaf pada kalian semua apabila ada sikap kami yang tidak kalian sukai. Maafkan kami apabila kami terlalu lurus dan terorganisasi, sewot dan terlampau sedih kalau ada kelambatan jadwal, dan kurang fleksibel menghadapi perubahan yang tiba-tiba. Maafkanlah kami, dan mengertilah kami ๐Ÿ™‚

Advertisements

5 thoughts on “Golongan Darah A

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s