Sudahkah Tercapai?

Akhir-akhir ini sering nonton di TV, tentang berbagai kasus ujian nasional. Yang katanya ada lembar kerja yang robek, anak yang stress dan frustasi sampai kena stroke, pembagian soal yang ga rata di wilayah Indonesia, sampai kasus paling klise, joki dan kecurangan yang terjadi walaupun soal sudah dibikin jadi 20 tipe. Setiap tengah tahun selalu deh ya muncul isu seperti ini.

Rasa-rasanya juga agak kasihan dengan pemerintah cs yang berpikir tentang sistem pendidikan ini. Pasti bapak dan ibu yang bekerja di bagian ini juga bingung, harus seperti apa. Pasti tidak mudah untuk membuat 20 tipe soal, mendistribusikan soal dan lembar kerja ke seluruh Indonesia secara serentak, dan mempersiapkan pengawasan di berbagai tahapan. Sudah repot begitu, dihujat pula. Kasihan kan para pembuat sistem itu, mereka pasti bingung sekali.

***

Kemarin habis nonton Kick Andy, membahas tentang integritas dalam pendidikan. Ada bapak-bapak yang ngomong pas itu, lupa tapi namanya siapa *duh*. Pokoknya beliau bilang, menurut undang-undang pendidikan, pendidikan nasional tuh tujuannya ada lima: 1) bertakwa 2) mencerdaskan bangsa 3) moral dan integritas 4) cinta tanah air 5) berwawasan global.

Sudahkah tujuan tersebut tercapai?

PS: effort yang dikerjakan segitu besarnya, ternyata tidak sesuai dengan output yang dihasilkan, bahkan tidak cocok dengan tujuan awal, how does it feel?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s